Teks Prosedur Berdasarkan Pengalaman Pribadi

  Cara Memahami Materi Pelajaran saat PJJ

        Adaptasi merupakan sebuah hal yang kita lakukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitar kita. Semua orang pastinya memerlukan kemampuan adaptasi karena semua orang pasti pernah masuk ke lingkungan yang baru, contohnya saat saya masuk ke SMA Negeri 81 Jakarta. Saya tidak hanya beradaptasi dengan teman dan guru baru yang saya temui, saya juga harus beradaptasi dengan cara belajar di SMA Negeri 81 Jakarta. Hal itu dikarenakan saat saya masuk ke SMA Negeri 81 Jakarta, kondisi kegiatan belajar dan mengajar masih dilakukan secara daring. Penyesuaian dilakukan dibeberapa pelajaran yang cara belajarnya cukup berbeda saat saya SMP, seperti Biologi, Sejarah, dan beberapa pelajaran hafalan lainnya. Bila saya tidak melakukan penyesuaian diri tersebut, saya pastinya tidak bisa mengerti apa saja yang diajarkan selama saya berada di SMA Negeri 81 Jakarta ini.

        Oleh karena itu, saya melakukan beberapa cara agar saya bisa menyesuaikan diri dengan cara belajar tersebut. Pertama, saya mencoba mencari hal apa saya yang saya kurang mengerti dari pelajaran-pelajaran tertentu. Hal tersebut biasanya muncul saat setelah pembelajaran, yaitu kita sedikit bingung tentang materi yang dijelaskan oleh guru ataupun hal itu muncul ditengah-tengah pembelajaran saat kita kurang mengerti apa yang dibicarakan oleh guru. Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang saya kurang mengerti, saya mencoba mencari materi tersebut dari beberapa sumber, misalnya dari buku ataupun internet. Untuk saya sendiri, saya juga terbantu dengan menggunakan aplikasi Ruangguru karena di aplikasi tersebut materi pelajaran sudah sangat lengkap. Setelah mendapatkan materi yang kita butuhkan, kita harus mempelajari materi tersebut. Saat mempelajari materi tersebut. kita harus fokus supaya materi yang kita pelajari bisa kita pahami dengan baik.

        Lalu cara selanjutnya adalah mencari beberapa soal yang terkait dengan materi tersebut. Soal tersebut berguna untuk melatih diri saya sendiri dan bisa dibilang juga menjadi bahan untuk mencoba apakah saya sudah menguasai materi tersebut atau belum. Soal tersebut bisa kita cari dari buku, internet, ataupun dari sumber manapun. Dengan beberapa cara diatas, saya bisa mengerti materi-materi yang kurang saya pahami saat PJJ. Oleh karena itu, saya berharap cara-cara ini bisa membantu teman-teman dalam menghadapi PJJ ataupun teman-teman juga bisa mengembangkan cara-cara diatas menjadi lebih efisien ataupun lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 2 Agustus 2021

Tanggapan Cerpen "Kartu Pos dari Surga"

Sinopsis Buku Omjay